March 10, 2023

Restoku Admin

Dibalik Kesuksesan UMKM Serap Banyak Tenaga Kerja, UMKM F&B Kesusahan Mencari Pekerja 

Beredarnya isu resesi di tahun 2023, digadang-gadang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi penopang pertumbuhan ekonomi 2023. Di tengah ancaman resesi global yang melemahkan permintaan ekspor, pemerintah meyakini UMKM yang berbasis permintaan domestik ini mampu menyelamatkan perekonomian. Disamping itu, melalui UMKM ini dapat menyerap tenaga kerja yang terkena PHK akibat resesi.

Seperti yang diharapkan pemerintah, kabar baik datang dari UMKM. Mengutip dari kompas.com, Jokowi menyebutkan, sebanyak 97 persen tenaga kerja di Indonesia terserap oleh UMKM bukan melalui perusahaan besar. 

Senada dengan itu, Airlangga Hartarto saat mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) secara daring (19/01/2023) berkata “Dalam dua dekade terakhir, 57% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) nasional berasal dari UMKM dan berhasil menyerap sekitar 90% dari total tenaga kerja di Indonesia,” Jelasnya. 

Namun sangat disayangkan dibalik kesuksesan UMKM menarik banyak tenaga kerja, UMKM di bidang F&B justru masih kesulitan mencari pekerja. Terlebih karyawan yang sesuai dengan kualifikasi dan mengalami turn over tinggi. 

Ada beberapa warganet twitter juga mengeluhkan hal yang sama. Seperti akun @raykairi yang mengomentari warganet kesusahan cari kerja tetapi nyatanya sektor FnB justru kesulitan mencari pekerja. Kurang lebih cuitannya begini “Sektor FnB malah pada kesusahan cari karyawan. Ini perusahaan saya susah banget cari karyawan,”. 

Sama halnya dengan cuitan twitter @wanitasayu, “Ada tiga temanku yang bekerja di bidang F&B butuh karyawan dan ga dapat-dapat. Susahnya mencari karyawan yang memiliki sense of belonging,”. Tak hanya dalam satu cuitan, ia menjelaskannya hal tersebut dalam beberapa cuitan atau yang akrab disebut dengan thread. Kurang lebih dalam threadnya tersebut, ia mengungkapkan betapa sulitnya mencari karyawan yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. 

Dilansir dari Idx channel Country Marketing Manager Jobstreet Indonesia, Sawitri Hertoto mengatakan, UMKM Indonesia masih kesulitan mencari pekerja atau karyawan yang tepat. Lebih lanjut Sawitri menjelaskan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari penggunaan platform rekrutmen hingga kesulitan menarik kandidat yang tepat.

“Berdasarkan riset internal kami, 74 persen UMKM tidak menggunakan platform dengan teknologi khusus rekrutmen.  Sementara 54 persen UMKM lainnya kesulitan menyaring lamaran,” Ungkap Sawitri. Sebagian besar UMKM tidak memiliki staf HRD khusus untuk mencari dan mengidentifikasi karyawan yang tepat sesuai dengan perusahaan. 

Persoalan mencari karyawan dalam usaha kuliner ini juga dirasakan Ageng Sajiwo, CEO Restoku.id dan disaat itulah Restoku Indonesia hadir sebagai solusi atas permasalah tersebut. Diantara ketiga produk yang ditawarkan Restoku Indonesia terdapat produk point of SDM yang membantu pelaku bisnis khususnya dibidang kuliner untuk memperoleh karyawan. 

Dengan mengunduh aplikasi restoku di playstore kamu bisa mencari karyawan yang bisa disesuaikan dengan lokasi bisnismu. Selain itu kamu juga bisa mencari karyawan sesuai posisi yang sedang dibutuhkan perusahaan tanpa harus ribet menitipkan lowongan pekerjaan di loker. Bagi kamu yang belum memiliki budget lebih untuk merekrut HRD, kamu bisa banget coba aplikasi Restoku ini untuk mencari karyawan. 

Sejauh ini kurang lebih terdapat 20.000 warung makan yang tersebar di Indonesia bekerja sama dengan kami. Yuk digitalkan warung makanmu bersama Restoku! (Ilma)

Made by PT Restoku Andalan Indonesia – 2021