October 10, 2021

restokuadmin

Langsung Dicoba Yuk, Aplikasi Pembukuan Warung Makan Restoku

Menjalankan warung makan adalah kerja keras. Ada siang dan malam yang panjang, masalah kepegawaian, dan banyak persyaratan untuk memastikan jika kamu mematuhi semua undang-undang dan kode kesehatan negara bagian dan lokal yang berlaku.

Namun, memulai sebuah restoran juga dapat menghasilkan imbalan yang besar. Tidak ada yang lebih baik daripada meminta pelanggan memberi sambutan hangat, merayakan tonggak sejarah seperti ulang tahun dan hari jadi bersama pelanggan lama, dan menyaksikan semua kerja keras yang telah kamu lakukan selama ini.

Aplikasi Pembukuan Warung Makan Restoku

Di balik setiap warung makan yang dikelola dengan baik ada aplikasi pembukuan warung makan yang bagus. Ini adalah komponen kunci dalam memastikan bahwa kamu melakukan tracking dalam hal biaya, pendapatan, keuntungan, dan potensi keuangan warung makan dengan benar.

Bahkan, kalaupun kamu punya seorang akuntan yang profesional, kamu tetap perlu memastikan keakuratan catatan dan aksesibilitas informasi tersebut setiap saat. Di sinilah aplikasi pembukuan warung makan masuk untuk merampingkan dan menyederhanakan pekerjaan.

Yuk, kita lihat beberapa alasan mengapa aplikasi pembukuan warung makan ini penting untuk bisnis kamu atau warung makan kamu.

Alasan pentingnya menggunakan aplikasi pembukuan warung makan

1. Menghilangkan Redundansi Entri Data

Memasukkan data keuangan secara manual adalah urusan yang ribet. Tidak hanya memakan banyak waktu, tetapi juga meningkatkan risiko kesalahan. Kamu mungkin akan memasukkan beberapa angka dua kali atau menghilangkan yang lain tanpa mengetahuinya. Aplikasi pembukuan warung makan menghilangkan kemungkinan redudansi seperti itu, memastikan data yang dimasukkan benar dan akurat.

Dengan organisasi data yang tepat, aplikasi pembukuan warung makan memungkinkan kamu untuk melacak pelanggan. Ini menempatkan semua data keuangan pelanggan termasuk catatan transaksi, batas kredit, dan promosi di satu lokasi.

2. Menghemat Waktu dan Tenaga Administratif

Salah satu keuntungan utama menggunakan aplikasi pembukuan warung makan adalah menghemat waktu dan tenaga yang digunakan dalam proses akuntansi atau pembukuan. Proses pembukuan manual membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk memastikan bahwa setiap catatan dimasukkan dan diproses dengan cara yang benar. Dengan otomatisasi yang disertakan dengan aplikasi pembukuan warung makan, proses akuntansi membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk diselesaikan.

Transaksi depan rumah (FOH) dan belakang rumah (BOH) dicatat secara bersamaan. Dalam transaksi yang sama, kamu dapat menulis cek, membuat faktur, dan menyiapkan setoran bank. Kamu juga dapat berkolaborasi dengan staf lain untuk memastikan semua catatan yang dibutuhkan tersedia untuk setiap pencatatan transaksi. Jenis otomatisasi ini mempercepat seluruh proses akuntansi.

3Memastikan Akurasi Data Keuangan

Ketika aplikasi pembukuan warung makan diintegrasikan ke dalam sistem POS warung makan kamu, itu menempatkan semua informasi operasional dan akuntansi dalam satu database. Artinya, data keuangan dan operasional akan tetap seimbang, dan dapat diambil kapan saja. Kamu tidak perlu lagi menunggu akuntan menyiapkan laporan keuangan di akhir periode. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat laporan untuk diri sendiri dan menganalisis kinerja untuk warung makan. Karena informasi akuntansi sudah tersedia, kamu tidak perlu terus-menerus pergi ke departemen akuntansi untuk menanyakan bagaimana bisnis berjalan.

Membantu Menetapkan Harga Kompetitif

Rekayasa menu adalah taktik yang melibatkan penyeimbangan pendapatan dan biaya. Kamu perlu mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan, membayar tenaga kerja, dan overhead lainnya. Agar kompetitif di pasar, tetapkan harga yang cukup kecil untuk menarik pelanggan tetapi cukup besar untuk margin keuntungan yang lebih baik. Sebagai bagian dari proses akuntansi warung makan, harga yang ditetapkan harus menghasilkan pendapatan yang memadai untuk menutupi biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang diinginkan.

Dengan adanya aplikasi pembukuan, proses penetapan harga yang kompetitif menjadi lebih mudah. Kamu dapat membuat laporan otomatis dengan aplikasi, dan memperkirakan dampak tingkat harga yang berbeda terhadap profitabilitasmu. Hal ini memungkinkan kamu untuk memilih harga yang paling tepat untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan.

Menyediakan Cara yang Lebih Cepat dan Sederhana untuk Merekonsiliasi Data

Dalam praktik akuntansi standar, kamu diminta untuk merekonsiliasi data POS dan mempostingnya secara manual ke General Ledger. Meskipun ini adalah proses yang rumit dan memakan waktu, sistem akuntansi warung makan dapat mengotomatiskannya. Setelah diintegrasikan ke dalam sistem back-of-house, aplikasi pembukuan secara otomatis mengumpulkan data tunai dan penjualan dari sistem POS ke modul pelaporan atau penyeimbangan Penjualan Harian untuk rekonsiliasi. Dalam beberapa menit, data ini diposting ke buku besar dan rekening bank, dengan entri debit dan kredit.

Aplikasi pembukuan warung makan juga memungkinkan kamu menyimpan perkiraan inventaris yang lebih akurat. Jika kamu menjalankan bisnis warung makan kecil, inventarisasi mungkin melibatkan seseorang yang pergi ke ruang penyimpanan untuk memeriksa apakah persediaan masih tersedia. Saat warung makan tumbuh dan mulai menjual lebih banyak barang, pendekatan ini mungkin tidak lagi efektif. Sistem POS membantu melacak inventaris kamu dengan lebih baik. Aplikasi pembukuan, di sisi lain, memberi cara untuk melacak informasi ini secara akurat dan mengintegrasikannya ke dalam proses akuntansi.

Meningkatkan Efisiensi Administrasi Restoran

Karena aplikasi pembukuan warung makan meningkatkan arus informasi, persyaratan administrasi dan jam yang dihabiskan untuk akuntansi berkurang. Ketepatan waktu informasi akuntansi ditingkatkan dan akurasi meningkat. Kamu dapat mengurangi biaya tenaga kerja dengan mengurangi jumlah staf atau memperluas operasi dengan mempekerjakan lebih banyak staf di departemen lain. Dengan sistem akuntansi yang terintegrasi penuh, Kamu tidak perlu mempekerjakan staf tambahan untuk mengerjakan tugas entri data atau mengonfirmasi keakuratan data.

Seiring pertumbuhan warung makan, kamu akan menghadapi lebih banyak tantangan dalam mengelola detail keuangan staf. Aplikasi pembukuan menyederhanakan proses sehingga memudahkan untuk menyimpan catatan gaji, pajak, dan potongan setiap orang dalam tim.

Aplikasi ini menyimpan setiap detail karyawan kamu di satu tempat, membuatnya mudah untuk memproses penggajian dan mengontrol biaya tenaga kerja. Kamu dapat dengan mudah melacak biaya tenaga kerja dengan melihat jam kerja atau membuat grafik yang menunjukkan perubahan biaya tenaga kerja.

Aplikasi pembukuan warung makan tidak diragukan lagi merupakan bagian penting dari menjalankan bisnis warung makan yang sukses. Agar bisnis tetap berjalan, kamu harus selalu mengikuti perkembangan pembukuan. Alih-alih berjuang untuk memasukkan semua data secara manual dalam template Excel, mengapa kamu tidak berinvestasi dalam aplikasi pembukuan yang baik untuk membuat pekerjaan lebih mudah.

Restoku adalah adalah aplikasi warung makan online untuk membantu para pelaku usaha kuliner dengan skala UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. Mulai dari aplikasi urusan kasir, pembayaran hingga pembukuan warung makan. Dengan teknologi cloud, aplikasi Restoku menghadirkan beberapa fitur canggih seperti point of sales, point of SDM, dan point of supply. Ribuan UMKM telah terbantu dengan Aplikasi Untuk Cafe, Restoran, Bakery, Warteg, Food Truck dari Restoku, kini giliran anda merasakan manfaatnya.

Yuk, digitalkan warung makanmu bersama Restoku!

Made by PT Restoku Andalan Indonesia – 2021