December 7, 2021

restokuadmin

Mencari Supplier Bahan Baku yang Tepat, untuk Warung Makan

Supplier atau pemasok merupakan bagian terpenting untuk keberlangsungan hidup setiap bisnis. Termasuk juga di warung makan, mencari supplier bahan baku yang tepat akan mempermudah kita menentukan harga dan kualitas makanan yang akan disajikan.

Dalam memilih pemasok pun perlu mempertimbangkan banyak hal. Kita tidak bisa asal memilih pemasok karena hal ini erat kaitannya dengan kualitas bahan baku yang nantinya akan diolah menjadi makanan untuk warung makanmu. Selain itu, pemilihan pemasok atau supplier yang tepat akan membuat usaha kulinermu berjalan semakin efektif, efisien, dan menguntungkan. 

Nah, berikut ini adalah tips dalam menentukan pemasok/supplier yang harus diperhatikan.

  1. Cek kredibilitas supplier dengan teliti

Kredibilitas pemasok atau supplier menjadi elemen yang penting yang perlu diperhatikan. Untuk menilai apakah supplier tersebut kredibel atau tidak, kamu dapat mengetahuinya dari website ataupun media sosial yang mereka miliki. Ketika informasi mengenai produk atau bahan baku dijelaskan dengan sangat lengkap, detail, dan jelas, maka kemungkinan besar supplier atau pemasok tersebut cukup kredibel, terlebih jika mencantumkan informasi kontak, alamat, harga, dan cara pemesanannya. Selain itu, keberadaan testimonial juga menjadi value tersendiri untuk menjadi referensi supplier bahan baku yang tepat untuk bisnismu. 

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk melihat kredibilitas supplier adalah dengan mendatanginya langsung ke tempat pemasok sehingga kamu bisa melihat kualitas produk atau bahan baku dengan lebih jelas. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan kepada teman, kerabat, atau kenalanmu untuk mencari informasi ataupun rekomendasi supplier bahan baku yang kredibel.

  1. Perhatikan harga & kualitas supplier

Tidak sedikit para pebisnis kuliner yang memilih supplier hanya karena alasan seperti harga bahan baku yang ditawarkan sangat murah dan dengan harga yang murah tersebut, kuantitas yang didapatkan pun juga banyak. Tidak ada yang salah sebenarnya dengan pemikiran seperti demikian, namun ada hal penting yang juga perlu diperhatikan karena ini menyangkut dengan kualitas makanan yang akan kamu jual nantinya. 

Ketika orientasimu adalah memperoleh kuantitas bahan baku yang banyak dengan harga yang murah tanpa memikirkan bagaimana kualitas dari bahan baku itu sendiri, maka hal tersebut akan menjadi masalah di kemudian hari. Mungkin kamu bisa meraup keuntungan yang cukup banyak tetapi hal ini juga bisa saja berdampak pada loyalitas konsumenmu, karena dengan bahan baku yang berkualitas, produk atau makanan yang dibuat pun akan lebih berkualitas pula. 

Maka dari itu perlu kamu perlu meletakkan perhatian utama kamu terhadap kualitas bahan baku terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan harga dan kuantitas bahan baku dari supplier. Seperti kata pepatah “Ada Harga, Ada Kualitas” dimana kualitas suatu barang atau bahan baku digambarkan oleh harga dari bahan baku tersebut.

  1. Perhatikan kapasitas supplier

Ada baiknya sebelum memilih supplier, kamu terlebih dahulu menganalisis kebutuhan-kebutuhan bahan baku untuk bisnismu. Setelah itu, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kapasitas supplier. Kamu harus bisa menyeimbangkan antara kapasitas bahan baku yang dimiliki supplier dengan seberapa banyak bahan baku yang kamu butuhkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kekurangan bahan baku pada saat akan digunakan. 

Akan menjadi nilai plus apabila supplier kapabel untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan bahan bakumu karena dengan demikian kamu bisa melakukan pemesanan kembali dengan supplier yang sama sehingga akan lebih menghemat waktu dan juga tenaga.

  1. Pilih supplier yang memberikan garansi dan pengembalian

Sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan supplier, kamu perlu untuk mempelajari terlebih dahulu seperti apa syarat dan ketentuan ataupun kebijakan yang ditawarkan oleh supplier. Misalnya saja seperti pemberian garansi dan kembalian apabila bahan baku yang dibutuhkan tidak sesuai dengan kenyataan atau bahan baku yang dikirimkan mempunyai kecacatan dan kualitasnya berkurang. Hal ini patut kamu pertimbangkan karena dengan begitu, kamu dapat mencegah risiko kerugian yang bisa saja terjadi di kemudian hari. 

Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar mencari supplier yang tepat dan salah satunya adalah dengan mencari supplier yang menyediakan garansi dan pengembalian. Tetapi, perlu diingat untuk selalu check & re-check perihal ketentuan serta kebijakan yang diberlakukan oleh supplier. Selain itu, akan lebih baik jika kamu dan supplier membuat kesepakatan tertulis terlebih dahulu agar bisa terjalin kerjasama yang bagus dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang berpotensi merugikan satu atau yang lainnya. 

  1. Konsistensi pelayanan supplier

Kinerja dan profesionalitas supplier dapat dilihat dari konsistensi pelayanan yang diberikan. Konsistensi pelayanan dalam hal ini misalnya seperti ketepatan waktu pengiriman, kualitas bahan baku yang baik ketika akan diserahkan, dan ketepatan jumlah bahan baku yang diminta dan hal tersebut dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu oleh pihak supplier. Dengan demikian, adanya pelayanan yang konsisten tentunya sangat membantu kamu untuk memproduksi makanan tepat waktu dan kamu tidak perlu khawatir akan keterlambatan atau kurangnya persediaan bahan baku untuk bisnismu. 

Penasaran dengan tips-tips lainnya? Silahkan kunjungi website Restoku.id.

Made by PT Restoku Andalan Indonesia – 2021