December 5, 2022

Restoku Admin

Tips Kelola Uang Sebelum Resesi

Dewasa ini kebutuhan kehidupan masyarakat terus bertambah. Harga-harga kebutuhan pokok naik melambung tinggi. Para Ibu teriak harga minyak mahal, beras mahal, telur mahal. Bapak juga teriak sekolah anak mahal, listrik mahal, bensin mahal. Anak teriak jajanan mahal, kopi mahal, paket internet mahal. Semua berteriak, bahkan banyak negara berteriak bakal terjadi tahun yang gelap 2023. Bakal ada resesi dunia, yang miskin tambah miskin tentunya dengan adanya pemberitaan seperti ini. Namun perlu kita waspadai, apa itu resesi?? Menurut Forbes (15/7/2020), resesi adalah penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Selama masa resesi terjadi, ekonomi terus berjuang, banyak orang kehilangan pekerjaan, perusahaan membuat penjualan semakin sedikit, negara secara keseluruhan ekonominya menurun. Dampak dari resesi seperti domino, contoh konkritnya adalah banyak PHK di perusahaan besar karena perusahaan mengalami penurunan saham. Kemiskinan dimana-mana. Banyak orang yang menjadi susah, maka dari itu kita harus menyikapi betul sebelum resesi itu terjadi di tahun 2023. Berikut tips pengelolaan uang sebelum resesi.

  1. Berhemat

Hemat pangkal kaya merupakan sebuah peribahasa yang cukup lama ada. Hal ini sangat penting karena kita tidak tau di tahun 2023 akan terjadi apa, sehingga kita harus benar-benar berjaga-jaga. Hematlah sejak dini, tinggalkan kebiasaan konsumtif. Belilah hal yang sesuai keperluan. yang terpenting kebutuhan primer sudah tercukupi, selebihnya save your money!

  1. Cari Pemasukan Tambahan

Cari pemasukan tambahan dari berbagai jenis pekerjaan yang ada. Bila kamu sudah memiliki satu pekerjaan, lebarkan sayap Anda dengan mencari pekerjaan lain, sehingga ada pemasukan lain. Mungkin kita harus kerja keras bagai kuda bilamana kondisi di tahun 2023 memang betul-betul gelap seperti apa yang dikatakan Bapak Presiden RI Joko Widodo. 

  1. Ada Dana Darurat

Kemungkinan-kemungkinan terburuk bisa saja terjadi di tahun 2023. Kita wajib perlu memiliki dana darurat. Sisihkan 15-20% tiap bulannya dari gaji kalian untuk dana darurat. Penting dana darurat ketika terjadi keadaan yang genting. 

Made by PT Restoku Andalan Indonesia – 2021