Warung makan yang ramai adalah dambaan semua pengusaha kuliner. Peluang bisnis di bidang kuliner sedang naik daun karena selalu dibutuhkan dan akan berkembang dari waktu ke waktu. Namun berbisnis di bidang kuliner tidaklah mudah. Dengan semakin ramainya industri kuliner, maka tingkat persaingan akan semakin tinggi.
Anda harus mampu bersaing dalam meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan ditentukan oleh kenaikan jumlah pengunjung yang datang. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk memadati pengunjung.
Memang sulit untuk menjaga warung makan tetap beroperasi, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Pernah berpikir untuk menutup warung makan? Jangan terburu-buru mengambil keputusan; mungkin yang Anda butuhkan adalah menemukan solusi untuk masalah tersebut.
Tips Rahasia untuk Warung Makan yang Ramai
Pemilik warung makan yang sudah lama berbisnis pasti sudah familiar dan tahu bagaimana mengelola sebuah warung makan agar ramai pengunjung. Bagi Anda yang sudah tertarik untuk membuka usaha dan memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya untuk membuka usaha warung makan.
Berikut tips membuat warung makan ramai pembeli :
1. Konsep Warung Makan yang Unik
Banyak warung makan memiliki konsep yang biasa karena umumnya membuatnya sama dengan warung makan lain tetapi dengan desain yang berbeda. Sebagian besar pengunjung yang juga menikmati makanan dan pulang setelah makan makanan terlalu menarik.
Memiliki konsep yang unik dan berbeda menjadi salah satu nilai tambah yang harus Anda lakukan. Karena jika warung makan Anda memiliki ide yang fantastis, calon pembeli akan penasaran dengan warung makan Anda. Selain itu, warung makan Anda juga akan viral dan terkenal di media sosial. Milenial lebih suka tempat-tempat viral dan kontemporer untuk dikunjungi. Menjadi viral juga dapat mengurangi biaya untuk promosi warung makan Anda. Keren, kan?
2. Buat Menu Sajian Lezat
Jenis menu makanan dan minuman juga menjadi penyebab warung makan ramai dikunjungi pengunjung. Rasa makanan yang lezat akan membuat pelanggan Anda puas dan akan terus datang ke warung makan Anda. Hebatnya, terkadang pelanggan akan merekomendasikan warung makan Anda kepada teman atau keluarga mereka. Namun Anda juga harus mengupdate jenis makanan yang sedang viral terus-menerus. Hal ini Anda lakukan agar pelanggan Anda tidak bosan dengan menu yang biasa-biasa saja.
Anda juga bisa menggunakan nama unik yang disesuaikan dengan konsep warung makan sehingga lebih menarik. Pastikan juga menu yang dibuat memiliki tampilan yang sesuai dengan gambar agar pelanggan tidak merasa kecewa dan datang lagi untuk makan makanan. Intinya tetap mengutamakan cita rasa yang enak dan sesuai dengan lidah pengunjung.
3. Menyediakan Fasilitas Pengunjung
Coba bayangkan jika Anda datang ke sebuah warung makan yang bersih dan nyaman serta memiliki fasilitas yang lengkap. Tentunya akan membuat Anda betah berada di warung makan tersebut. Apa jadinya jika Anda menerapkannya pada warung makan yang Anda miliki.
Sekarang orang pergi ke warung makan, tidak hanya mencari makanan. Tapi juga untuk hang out atau menghabiskan waktu bercengkrama dengan keluarga dan kerabat. Untuk itu, beri mereka fasilitas. Jenis fasilitas tersebut misalnya WiFi gratis, karaoke mini, taman bermain untuk anak-anak, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain ruangan agar sesuai dengan fungsi ini.
4. Pastikan Kebersihan Terjaga
Di masa pandemi seperti sekarang ini, kebersihan menjadi hal utama yang diperhatikan orang sebelum memutuskan untuk makan di sebuah warung makan. Karyawan harus menjaga kebersihan warung makan setiap saat. Kebersihan yang dimaksud meliputi semuanya, mulai dari kebersihan ruang makan, area memasak, kebersihan bahan baku hingga kebersihan setiap karyawan warung makan. Siapa yang akan datang jika warung makan tidak bersih?
Menyediakan cuci tangan di tempat-tempat tertentu dan hand sanitizer di setiap meja, selain memberikan aturan bagi karyawan untuk selalu menggunakan masker. Atur jarak sesuai standar pemerintah untuk adaptasi baru selama pandemi.
5. Gunakan Kasir Restoran
Pelayanan adalah kunci utama dalam setiap bisnis. Pelayanan yang baik tentunya akan membuat pelanggan Anda puas dan akan terus datang kembali. Menyediakan kebutuhan pelanggan, misalnya seperti metode pembayaran yang lengkap selain menggunakan uang tunai.
6. Publikasikan Dengan Situs Web dan Media Sosial
Tolong jangan merasa belum membutuhkannya ketika diminta untuk membuat website warung makan Anda. Memiliki website dan aktif di media sosial akan memudahkan Anda dalam mengundang pelanggan ke warung makan Anda. Di era digital dan banyak orang suka mengakses internet berjam-jam di ponsel mereka.
Banyak pengusaha yang meremehkan kekuatan digital, seperti website dan media sosial, dalam bisnis warung makan. Padahal sudah banyak bukti bahwa warung makan dulunya hanya toko kecil tapi bisa membangun kekuatan brand melalui dunia digital melalui website dan media sosial.
7. Libatkan Pelanggan Melalui Strategi Pemasaran yang Menarik
Misalnya, Anda dapat menggunakan media sosial. Berikan promo khusus, baik itu diskon atau gratis dari menu tertentu, jika ada yang berani selfie sambil makan di warung makan Anda. Tentunya harus dalam kondisi seperti mengikuti media sosial warung makan Anda, dan lain sebagainya. Cara lain juga bisa dilakukan, misalnya dengan memberikan beberapa porsi gratis bagi yang datang bersama keluarga penuh.
Ini hanya beberapa contoh. Intinya membuat program ke pelanggan yang pelanggan juga merasa tertantang untuk melakukannya. Cara ini akan menarik pelanggan ke warung makan Anda. Jadi mereka pergi ke warung makan Anda kenyang setelah makan dan kegembiraan yang tidak ditemukan di warung makan lain.