Ada istilah pembeli adalah raja, Hal itu juga berlaku dalam usaha warung makan Anda artinya di sini anda dituntut untuk bisa memberikan service yang terbaik untuk para pelanggan baik itu menyangkut harga tempat fasilitas ataupun cara dalam melayani pelanggan.
Oleh karena itu sangatlah penting untuk memahami ataupun mengenal siapa pelanggan orang makan kita. Dengan memahami karakter pelanggan maka akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan strategi dan cara cara yang tepat menarik perhatian pelanggan.
Memang itu tidaklah mudah apabila kita berharap bisa menarik perhatian semua kalangan masyarakat sebagai pelanggan warung makan. karena orang-orang cenderung mempunyai selera yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Untuk memahami pelanggan warung makan bisa kita bagi menjadi tiga bagian :
1 . Pelanggan anak muda atau mahasiswa
Karakter anak muda biasanya merupakan pelanggan yang Royal mereka tidak terlalu memperhitungkan uang ketika makan. Dan Mereka cenderung berkumpul dan berkelompok sehingga apabila kita bisa menarik salah satu diantara mereka ada kemungkinan untuk membawa pelanggan yang lain yaitu teman-temannya
2 . Pelanggan pekerja kantoran
Untuk segmen pelanggan yang satu ini biasanya untuk warung makan yang lokasinya berada di dekat pusat perkantoran. Biasanya menu makanan yang dipilih adalah menu yang sudah siap saji, Karena pekerja kantoran mempunyai waktu istirahat yang terbatas. Selain itu variasi menu makanan juga perlu dipikirkan kan dengan baik supaya pelanggan tidak merasa bosan ketika makan hampir tiap hari di warung makan anda.
3 . Pelanggan anak-anak
Apabila anda mempunyai warung makan yang sering dikunjungi oleh anak-anak seperti sekolah taman bermain pusat perbelanjaan dan lain macam sebagainya. maka anda bisa menyajikan makanan yang disukai oleh anak-anak, biasanya jenis makanan yang digoreng mempunyai rasa yang manis seperti cemilan dan es krim
4 . Pelanggan keluarga
Untuk segmen warung makan dengan pelanggan keluarga biasanya lokasinya dekat dengan perumahan. Untuk itu perlu menghadirkan Suasana yang sejuk dan nyaman. Faktor keselamatan anak-anak juga perlu diperhatikan sehingga orang tua yang membawa anak-anaknya makan tidak akan khawatir lagi. Untuk variasi menu bisa mewakili segala macam usia mulai dari anak-anak hingga orang tua.
Ketika kita sudah menemukan siapa pelanggan kita dan bagaimana karakternya maka kita perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini.
1 . Menu makanan
Menu makanan dalam hal ini ini menjadi prioritas Karena apabila kita melihat beberapa segmen pelanggan di atas maka kita perlu menyesuaikan menu makanan yang sesuai dengan target pelanggan kita. menu apakah yang cocok untuk remaja anak-anak pekerja kantoran ataupun keluarga.
2 . Harga makanan
Ketika kita sudah Mengetahui siapa pelanggan warung makan kita maka kita juga bisa menyesuaikan harga makanannya. Sehingga kita perlu memastikan bahwasannya pelanggan kita mampu membayar harga harga makanan yang kita tawarkan.
3 . Lokasi warung makan
Lokasi warung makan Tentu saja sangat berpengaruh terhadap siapa pelanggan warung makan kita. Apakah orang makan kita berada didekat perumahan yang artinya pelanggan kita adalah segmen keluarga. atau mungkin warung makan kita berada di dekat sekolah anak anak. begitu juga apabila orang makan kita berada di dekat pusat perbelanjaan atau Mall maka kita perlu mendefinisikan siapa target market kita apakah para pengunjung mall atau justru para pegawai Mall
4 . Konsep interior warung makan
Konsep interior warung makan juga akan menentukan siapa target pelanggan kita. ketika kita merupakan warung makan yang berjualan soto meskipun kita mampu untuk merenovasi dengan interior yang sangat indah, apabila pelanggan warung makan kita adalah para pekerja, Maka cukup di desain sederhana saja sehingga pelanggan tidak akan merasa sungkan ketika ingin makan di warung kita
Jadi ketika kita bisa memahami pelanggan warung makan kita dengan lebih baik, tentunya akan berdampak positif bagi kemajuan warung makan yang kita kelola. Gunakan juga aplikasi warung makan restoku untuk mempermudah kita dalam mengelola warung makan.