Jika Anda berada dalam bisnis kuliner atau warung makan, maka Anda perlu meningkatkan permainan branding Anda. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa bisnis kuliner bergantung hanya pada panca indera. Karena kuliner identik dengan kesan rasa dan citarasa yang abadi.
Dari makanan lokal hingga makanan barat, pemasaran makanan sebagian besar dilakukan dengan memberikan tampilan visual yang sangat menarik. Bahkan, waralaba global seperti ‘Taco Bell’ atau bahkan ‘Chilli’ memiliki satu kesamaan: enak untuk dilihat.
Untuk dapat mempertahankan warung makan Anda, hal penting pertama adalah mampu membuat makanan yang baik. Apakah Anda seorang koki atau mempekerjakan beberapa koki, atau bahkan memulai warung makan Anda sendiri? Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan oleh calon pelanggan Anda atau dengan kata lain menciptakan keinginan untuk penawaran produk Anda.
Dan Inilah Strategi Pemasaran Yang Sangat Efektif Untuk Bisnis Warung Makan
Mengemas Produk Anda
Makanan dinilai dari kemasannya atau dari tampilan visualnya. Salah satu bahan terbesar yang menjadi fokus profesional pemasaran adalah pengemasan produk. Ini tidak hanya mencakup kemasan literal. Sebaliknya, ini dimulai dengan desain logo dasar merek Anda hingga kartu menu dan cara penyajiannya di atas meja. Terkadang logo di peralatan makan Anda dapat berdampak kuat pada pelanggan Anda.
Website
Strategi SEO Anda dimulai dengan blog online. Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan memiliki blog Anda sendiri di situs web Anda. Anda dapat mengintegrasikan ini dengan platform media sosial Anda yang lain juga seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.Ini adalah saluran komunikasi terbaik Anda di mana Anda dapat membuat banyak pengikut. Anda juga dapat mulai bermitra dengan blogger makanan profesional dan meminta mereka untuk mengulas atau menulis tentang bisnis Anda. Dengan cara ini Anda akhirnya menjangkau lebih banyak orang.Dan jika warung makan anda terdaftar di Google Bisnisku, anda bisa mendapatkan fasilitas website gratis.
Pemasaran Media Sosial
Perusahaan seperti Burger King atau Hardy’s terkenal saat ini karena sangat keren dan cocok dengan generasi saat ini karena mereka ada di semua platform media. Instagram, Twitter, Tik Tok adalah salah satu platform terbesar tempat bisnis Makanan & Minuman dapat berkembang pesat melalui media sosial. Orang suka mengklik gambar makanan. Jadi, Anda tidak hanya memposting gambar makanan dan acara Anda, tetapi orang-orang juga memposting ulasan tentang makanan Anda dengan gambar.
Aktifkan Pemesanan Via Seluler dan Kerjasama dengan Layanan Pesan Antar
Dengan pelanggan yang menuntut lebih banyak personalisasi dan fleksibilitas dalam pemesanan, warung makan bereksperimen dengan segala hal, salah satunya pemesanan dengan perangkat seluler. Warung makan mengembangkan hubungan dengan layanan pesan antar.
Pelanggan yang memesan secara online telah terbukti mengunjungi warung makan lebih sering daripada pelanggan yang tidak, dan warung makan mendapatkan keuntungan dari visibilitas yang dipromosikan di aplikasi dan situs web pengiriman.
Mendaftarkan Bisnis Anda di Google Bisnisku
Aplikasi google map merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer dan sering digunakan oleh masyarakat untuk mencari suatu informasi, termasuk warung makan dan restoran. Oleh karena itu hampir menjadi kewajiban bagi setiap pelaku usaha untuk mendaftarkan usahanya supaya bisa muncul di google maps, yaitu dengan cara mendaftarkan melalui aplikasi google bisnisku yang bisa didapatkan di google play store atau ios app store
Bekerjasama Dengan Komunitas
Ketika kita bisa bekerjasama dengan beberapa komunitas maka warung makan kita juga akan bertambah ramai. Sebagai contoh ada warung makan yang bekerjasama dengan komunitas sepeda, sehingga siapa saja yang sedang bersepeda akan tertarik untuk mampir ke warung makan tersebut.
Miliki Menu Online
Pengguna suka melakukan riset online sebelum memesan dari atau mengunjungi restoran Anda. Jangan membuat pengguna berebut untuk menemukan menu Anda – publikasikan menu berkualitas tinggi yang mudah dibaca yang mutakhir dan akurat. Salah satunya dengan cara mengupdate informasi menu warung makan anda di Google Bisnisku.
Jika Anda belum melakukan hal-hal diatas untuk strategi pemasaran warung makan Anda, mulailah menjalankannya. Buat warung makan Anda lebih dikenal dan tingkatkan transaksi Anda dengan menggunakan aplikasi warung makan Restoku.