Begitu pelanggan jatuh cinta pada warung makan kamu, mereka biasanya akan tetap setia selama bertahun-tahun—kadang bahkan seumur hidup. Tetapi mereka harus menemukan warung makan kamu terlebih dahulu, dan di sinilah strategi pemasaran kamu masuk untuk mempromosikan warung makan kamu yang baru agar semakin dikenal banyak pelanggan.
Kabar baiknya? Promosi gak harus mewah atau rumit. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan tips promosi warung makan baru yang efektif yang bisa kamu gunakan untuk menarik pengunjung datang.
6 Tips promosi warung makan baru yang efektif
1. Buat situs web untuk warung makan
Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh METRO, 22% konsumen mengatakan mereka tidak akan mengunjungi warung makan jika tidak memiliki situs web dengan menu yang ada didalamnya. Jika kamu belum memiliki situs web, kamu bisa hampir kehilangan calon pelanggan dan mereka bisa jadi lebih memilih ke warung makan lain di dekat tempat warung makan kamu.
Hal terbaik tentang situs web warung makan sendiri adalah kamu dapat mendesainnya sesuai keinginan, dengan warna, font, konten, dan logo kustom sendiri. Anggap saja seperti jendela toko online yang mudah bagi pelanggan untuk mengenali saat mereka melewati area sekitar warung makan kamu.
Dengan menyertakan menu makanan atau minuman di situs web, pelanggan dapat memeriksa apa yang ditawarkan terlebih dahulu. Tambahkan juga foto warung makan kamu, sebaiknya pada saat yang sibuk saat tim kamu dan pelanggan kamu bersenang-senang, sehingga pelanggan baru dapat merasakan suasananya. Kamu juga dapat mendorong pelanggan untuk terus datang kembali dengan memposting penawaran terbaru dan acara mendatang di halaman “Berita”, atau melakukan reservasi online dengan alat pemesanan favorit.
Untuk memastikan pengunjung dapat menemukan situs web kamu, penting untuk mengoptimalkannya seperti di Google. Kamu dapat membaca cara melakukannya di artikel tentang dasar-dasar SEO.
Note: Bergantung pada kebijakan virus corona saat ini di kota kamu, sebaiknya tambahkan halaman FAQ ke situs web kamu dengan aturan jarak sosial dan kesehatan terbaru, serta layanan yang kamu berikan saat ini.
2. Buat juga sosial media untuk warung makan kamu
Jika website warung makan adalah menu utama, maka media sosial adalah lauknya. Dan berkat jangkauan luas jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram, kamu bisa mendapatkan hasil yang cukup bagus dengan membuat profil dan memperbaruinya secara teratur. Misalnya, memposting foto spesial mingguan atau mempromosikan penawaran di warung makan kamu dan itu bisa membantu kamu menarik pelanggan. Jadi, dariman kamu harus memulai?
Facebook adalah jejaring sosial terbesar di planet ini. Sekitar 2,6 miliar orang masuk setiap bulan, jadi ada banyak potensi di sana untuk mendapatkan eksposur gratis. Dan mempromosikan warung makan dengan iklan Facebook relatif murah. Kamu bahkan dapat memilih rentang usia, lokasi, dan minat orang-orang yang melihat iklan. Ingatlah untuk menambahkan menu ke profil bersama dengan tautan ke situs web dan semua info kontak.
Instagram digunakan oleh mayoritas warga Indonesia dan terus bertambah. Jaringan yang berkembang ini sangat populer di kalangan milenial, dalam kelompok usia 18-24 tahun. Fakta bahwa Instagram adalah situs yang berpusat pada gambar membuatnya ideal untuk pemilik warung makan.
Jadikan warung makan kamu sebagai hotspot check-in. Kamu mungkin pernah melihat teman “check-in” ke tempat makan favorit mereka di Facebook atau menandai restoran tempat mereka makan siang di Instagram. Mendorong pengunjung untuk menandai kamu di pos media sosial mereka adalah cara yang bagus untuk tampil di depan lebih banyak calon pelanggan, karena semua orang di daftar teman mereka juga akan melihat pos tersebut. Ini bekerja lebih baik jika kamumemiliki fitur “Grammable” di warung makan kamu.
3. Dapatkan pelanggan untuk warung makan dengan pencarian “Near me”
Saat kamu menelusuri toko atau warung makan di sekitar kamu di Google (dengan mengetikkan sesuatu seperti “warung makan ala korea di dekat saya”), ini disebut penelusuran “near me” atau”di dekat saya”. Mengoptimalkan situs web kamu untuk pencarian ini adalah kunci sukses pemasaran warung makan karena kebanyakan saat ini orang menggunakannya saat mereka ingin makan atau minum.
Tip: Jika saat ini kamu hanya menawarkan layanan antar jemput dan bawa pulang, kamu bisa menambahkan opsi menerima pesanan secara online.
Jika kamu memiliki situs web sendiri, kamu sudah akan muncul di Google dan mesin pencari lainnya. Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan situs web untuk SEO lokal sehingga kamu dapat menangkap lebih banyak perdagangan yang lewat.
Siapkan profil Google Bisnisku. Ini adalah cara gratis dan mudah untuk memastikan semua info warung makan kamu diperbarui secara online, seperti alamat, detail kontak, dan nomor telepon. Kamu juga dapat menambahkan foto tempat kamu dan sebagian besar hidangan fotogenik untuk membantu kamu menonjol dalam pencarian “di dekat saya”.
Dorong pelanggan untuk memberi kamu ulasan di Google Review. Kamu mungkin telah memperhatikan bahwa sekarang, ketika kamu mencari bisnis lokal di Google, kamu dapat melihat ulasan dan peringkat bintang dari pelanggan. Semakin banyak peringkat bintang lima yang bisa kamu dapatkan, semakin besar kemungkinan orang akan mencoba datang ke warung makan kamu. Ulasan pelanggan yang baik adalah iklan terbaik untuk warung makan kamu.
4. Atur promosi dan acara
Menawarkan diskon pada hari-hari tertentu adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru dan juga menyenangkan pelanggan tetap.
Misalnya, saat hari kemerdekaan kamu bisa mendekorasi warung makan kamu ala pahlawan dengan hidangan dan minuman yang serasi. Hal itu bisa membantu kamu menarik pelanggan baru. Dan jika mereka menyukai warung makan kamu, mereka mungkin ingin kembali dan kembali lagi.
Pernahkah Anda berpikir untuk membawa bisnis kamu keluar? Misalnya, dengan membuka kios di festival jalanan, kamu dapat menjemput pelanggan yang mungkin belum pernah mendengar tentang warung makan kamu.
5. Menawarkan voucher dan promosi lainnya
Diskon selalu merupakan cara yang baik untuk menarik tamu baru dan membuat pelanggan lama tetap tertarik. Begitu juga voucher. Kamu bisa memberi voucher kepada pelanggan dengan cara, jika mereka membeli makanan tertentu mereka akan mendapatkan voucher yang bisa ditukarkan untuk makan berikutnya.
6. Masuk ke pemasaran email dengan mengirimkan buletin
Bahkan dengan media sosial, pemasaran email untuk warung makan masih merupakan alat yang ampuh—terutama jika kamu akan menarik pelanggan dengan penawaran eksklusif. Kamu dapat memberi tahu pelanggan tetap tentang berita terbaru dan acara mendatang melalui buletin, serta memberi mereka pengingat bahwa warung makan kamu masih ada dan sudah waktunya untuk mampir lagi.
Dan itulah cara promosi warung makan baru yang bisa kamu jalankan untuk warung makan kamu agar semakin dikenal banyak orang.