December 5, 2022

Restoku Admin

Tips Memilih Platform Media Sosial bagi Bisnis Kuliner

Perkembangan zaman yang terus maju menciptakan berbagai macam platform media sosial dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan satu sama lain. Berbagai platform media sosial tersebut memberikan tampilan dan layanan yang mereka tawarkan berupa aktivitas unggahan teks, gambar, serta video. Terdapat tiga media sosial yang dapat menjadi pertimbangan dan dapat digunakan sebagai media awal dalam bisnis kuliner, yaitu Facebook, Instagram, dan TikTok. Sebelum memilih media sosial mana yang cocok dan tepat untuk digunakan, perlu diingat bahwa pemilihan media sosial akan bergantung pada target audiens yang ingin diraih dan dituju oleh bisnis Anda.

  1. Facebook

Aplikasi Facebook menawarkan sebuah halaman bisnis yang dapat digunakan sebagai media promosi bisnis Anda. Informasi mengenai bisnis Anda dapat dengan mudah di temukan dan diakses oleh pelanggan melalui laman Facebook. Dalam aplikasi Facebook, penyampaian branding akan mudah dilakukan karena adanya fitur gambar profil dan foto sampul. Fitur lain yang ditawarkan oleh Facebook  adalah Anda dapat membuat status, mengunggah foto, dan menyesuaikan tombol ajakan bertindak pada bagian atas untuk mengirim pelanggan yang menekan link pada situs website Anda. Facebook dapat membantu Anda memanfaatkan pemasaran bertarget, karena platform media sosial ini dapat melacak demografi pengguna, dan memungkinkan Anda meluncur mulus ke umpan berita situs media sosial yang digunakan sebagian besar pelanggan Anda.

Salah satu manfaat terbesar Facebook adalah kemampuan untuk menargetkan demografi tertentu berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat, sehingga Anda dapat menggunakan demografi situs yang luas untuk keuntungan Anda. Halaman bisnis Facebook memiliki analitik bawaan, sehingga Anda dapat memantau keterlibatan pelanggan dan menyesuaikan strategi Anda sesuai kebutuhan.

  1. Instagram

Instagram merupakan platform yang berbasis gambar dan video dan menawarkan halaman bisnis bagi akun bisnis dalam pencantuman deskripsi akun. Instagram menghadirkan peluang yang unik bagi operasional foodservice untuk memamerkan menu dan suasananya. Jika Anda menjalankan akun Instagram aktif, mengunggah konten tepat waktu dengan mempromosikan makan siang, makan malam, happy hour, atau waktu promo spesial maka akun tersebut dapat berpotensi untuk menjangkau pelanggan yang lapar untuk memilih restoran Anda sebagai tujuan tempat makan. Pelanggan menjadikan akun tersebut sebagai gambaran tentang tampilan makanan yang mereka pesan serta ambience yang ada pada warung makan Anda. 

Instagram memberikan fasilitas akses bagi akun dijalankan sebagai halaman bisnis serta menyediakan beberapa analisis bagi pengelola media sosial untuk metrik keterlibatan audiens Anda. Namun, pada halaman bisnis pada platform ini tidak menyediakan cukup banyak ruang untuk mencantumkan informasi bisnis sehingga tidak terlihat jelas perbedaan antara akun pribadi dan bisnis sehingga penting untuk memiliki kehadiran merek yang kuat di nama pengguna dan gambar profil Anda untuk membuat akun Anda dikenali saat pengikut menelusuri unggahan baru.

  1. TikTok

Kehadiran TikTok sebagai platform media sosial baru berbasis video banyak dimanfaatkan oleh merek kreatif dalam memanfaatkan video vertikal sebagai bagian dari strategi media sosial mereka. Tiktok hadir dengan memfokuskan pada pembuatan video pendek dengan konten berupa hiburan dengan karyawan Anda atau memberikan tampilan di belakang layar untuk membuat hidangan populer. Konten tersebut akan membantu pelanggan terhubung dengan Anda. Penggunaan TikTok akan lebih baik jika memiliki karyawan atau konten kreator yang sering menggunakan aplikasi TikTok maupun dapat mengoperasikan video editing tools agar hasil yang ditampilkan pada video TikTok menarik perhatian publik pengguna aplikasi tersebut.

Made by PT Restoku Andalan Indonesia – 2021