June 13, 2022

Restoku Admin

KEBERHASILAN RESTO LEWAT LAYOUT

Dalam merancang bisnis yang akan kita lakukan, untuk mencapai keberhasilan tentu memiliki banyak faktor kunci, salah satunya penataan layout toko kita. Layout adalah pemetaan ruang toko yang dirancang sebagai kawasan menjual suatu produk untuk membantu konsumen dalam berbelanja dan pencarian barang yang akan dibeli. Layout memiliki beberapa tujuan utama seperti untuk mendekatkan produk kepada konsumen biar tersedia dalam kawasan serta jumlah yang tepat, untuk kenyamanan dan fasilitas untuk memperoleh produk, serta untuk efisiensi dan efektifitas space yang ada, yaitu pengelompokan produk yang sejenis.

Saat kita memperhatikan layout toko kita, maka akan memberikan banyak manfaat yang akan dapat kita rasakan seperti manfaat tempat dan manfaat kegunaan waktu. Manfaat tempat berguna untuk konsumen alasannya yakni dengan produk (layout) ditempatkan pada kawasan yang sanggup didatangi oleh konsumen. Tempat yang sudah di setting penempatan produk tertentu, maka akan mudah dihafal oleh pelanggan. Selain itu, manfaat kegunaan waktu juga begitu terasa karena berkaitan dengan kenyataan bahwa konsumen sanggup memperoleh produk pada dikala yang diinginkan dengan waktu yang singkat. Jadi konsumen tidak perlu pusing mencari produk yang diperlukan mereka karena mereka sudah hafal dimana letak dari produk tersebut.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk layout toko agar lebih aesthetic dan kekinian. Apa saja sih tips biar toko aesthetic dan kekinian? Restoku akan merangkum tips membuat layout toko menjadi lebih menarik:

Cari Inspirasi Desain

Pertama yang harus dilakukan dengan mencari referensi atau contoh sebanyak-banyaknya terkait desain tampilan luar, interior maupun material yang akan digunakan saat membangun sebuah warung. Gunakan sosial media ataupun berkeliling melihat desain warung-warung minimalis di sekitar tempat tinggal.

Sesuaikan dengan Jenis Toko 

Tentunya desain warung kopi atau cafe minimalis berbeda dengan kios biasa. Oleh karena itu, sesuaikan desainnya dengan jenis warung yang akan dibuka ya, Moms. Desain warung kopi biasanya akan lebih estetik dan menyediakan kursi dan meja bagi pelanggan, sementara kios sembako lebih simpel.

Visual Warung Menarik dan Unik

Membuka warung minimalis di pinggir jalan, di mana terdapat warung-warung lainnya, usahakan desain warung terlihat lebih menonjol, sehingga mudah menarik perhatian orang-orang yang lewat. Menonjol tidak berarti menggunakan warna-warna terang lho, Moms. Namun, lebih terlihat unik, estetik dan lain daripada yang lain.

Display Produk

Biasanya orang akan menghampiri warung yang dari luar terlihat bersih dan terdapat display produk yang menarik. Semisal membuka kedai jus buah, susun rapi buah-buahan di area depan agar terlihat oleh pembeli.

Perhatikan Kenyamanan Pembeli

Pembeli adalah raja Jika membuka warung kopi atau warung makan, sediakan fasilitas yang memadai. Misalnya meja dan kursi yang nyaman ataupun peralatan makan yang bersih. Kalau kedai makan atau kopi yang Moms buat cukup kecil, manfaatkan depan atau halaman untuk menaruh kursi dan meja.

Jadi sekarang udah mulai ada gambaran layout Restomu? 

Penulis: Aghnanda Sanca

Made by PT Restoku Andalan Indonesia – 2021