June 9, 2022

Restoku Admin

Pengaruh Packaging Bagi Usaha Kuliner

Persaingan industri F&B saat ini termasuk sangat ketat. Khususnya bagi UMKM, Hal ini tentunya membuat mereka perlu memutar otak untuk menghadapi persaingan industri ini. Inovasi dan kreatifitas sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan industri. Ditambah lagi dengan permasalahan lingkungan saat ini membuat masyarakat dan pedagang mulai sadar dengan pentingnya produk dan packaging ramah lingkungan. Ini ditandai dengan banyaknya kampanye diet plastik dan semakin meningkatnya permintaan produk ramah lingkungan, seperti sedotan stainless steel dan paper wrap sebagai pengganti bubble wrap.

Tak hanya soal produk, kemasan ramah lingkungan juga bisa menjadi daya tarik sendiri dari produk usahamu. Banyak pembeli yang rela membayar sedikit lebih mahal demi ikut andil dalam melestarikan lingkungan. Hal ini juga yang menjadikan pedagang makanan mulai mengganti packaging produk mereka menggunakan pembungkus kertas, meskipun memang penggunaan plastik juga masih tidak bisa untuk ditinggalkan,

Packaging sebagai pembahasan utama kita, fungsi utamanya tentu untuk melindungi makanan. Agar makanan yang diterima konsumen dalam keadaan baik, tidak tumpah, tidak tercampur/teraduk, juga terlindungi dari debu dan kotoran yang bisa masuk. Packaging makanan sendiri banyak jenisnya, disesuaikan dengan makanan apa yang perlu dibungkus. Antara lain ada box makanan, cup minuman atau kertas pembungkus makanan.

Packaging yang ramah lingkungan (terutama yang terbuat dari kertas) membantu merawat lingkungan. Yang dimaksud dengan bahan ramah lingkungan ialah bahan yang dapat didaur ulang, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, terbuat dari bahan yang mudah diurai secara alami, serta aman untuk manusia juga lingkungan

Packaging ramah lingkungan  mampu membuat makanan terlihat lebih menarik. Misalnya, apabila resto Anda menjual rice box, tentu akan lebih menarik jika menggunakan kemasan paper bowl dibandingkan kertas pembungkus biasa. Selain itu packaging yang baik juga dapat memperkuat brand dan karakter produk. Branding dan karakter produk ternyata bukan cuma bisa diperkuat lewat media sosial saja. Branding yang kuat tentu akan membantu usaha Anda bisa lebih mudah dikenal dan selalu diingat pelanggan. Bagaimana caranya? Mungkin dengan Anda menambahkan logo perusahaan di packaging Anda, atau dengan menempelkan stiker usaha kalian ataupun dengan menuliskan informasi mengenai alamat dan akun media sosial usaha kalian. 

Jika branding produk sudah kuat dapat menambah kepercayaan pelanggan. Apabila produk yang Anda tawarkan enak dan packaging-nya juga tidak diragukan, jangan heran kalau pelanggan akan setia membeli dari usaha Anda. Sebagai bonus, jika pembeli sudah percaya dan setia dengan usaha Anda, pembeli akan rela mempromosikan dengan cuma-cuma, mungkin mereka akan mengunggah foto produk makanan Anda ke media sosial atau merekomendasikan makanan Anda ke orang lain.

Made by PT Restoku Andalan Indonesia – 2021