Membangun brand awareness merupakan suatu hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Pada masa yang serba digital seperti saat ini, menggunakan digital marketing sebagai upaya untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis kamu merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam meningkatkan brand awareness bisnis kamu.
Membahas mengenai brand awareness tentunya kita langsung terkoneksi seberapa banyak orang mengenal sebuah brand (merek). Apakah brand awareness merupakan hal yang sangat penting ? jawabnya “iya sangat penting” kenapa? Karena jika bisnis kamu sudah memiliki brand awareness yang bagus maka bisnis kamu bisa dengan mudah dikenali oleh banyak orang dan kamu bisa dengan mudah mendapat kepercayaan dari klien yang ingin menjalin kerjasama atau berlangganan dengan bisnis kamu.
Sebelum kita lebih jauh membahas brand awareness, apa brand awareness itu?
Brand awareness (kesadaran merek) menurut Kotler & Keller (2009:179) adalah kemampuan untuk mengidentifikasi suatu merek dalam kategori dengan cukup rinci untuk melakukan transaksi. Brand awareness juga dapat didefinisikan sebagai tingkat kesadaran konsumen terhadap sebuah produk dan layanan jasa suatu bisnis. Kesadaran tersebut meliputi kemampuan calon pelanggan dalam mengenali citra suatu brand (merek).
Sebuah perusahaan akan dikategorikan sudah berhasil membangun brand awareness jika para konsumen sudah mampu mengidentifikasi atau mengenal suatu citra dari sebuah brand. Seperti contoh sebuah brand “Holland Bakery” masyarakat yang sudah mengenal brand tersebut tentunya sangat akrab dengan logo kincir angin yang khas di atas gedung toko roti tersebut, hal tersebut dikategorikan berhasil dalam membangun brand awareness karena konsumen mampu mengidentifikasi brand tersebut.
Membangun brand awareness tentunya bukan hal yang mudah. Lalu bagaimana cara meningkatkan brand awareness? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dalam sebuah bisnis. Salah satu cara yang paling efektif untuk saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ialah dengan cara membuat strategi digital marketing melalui sosial media, karena untuk saat ini pengguna sosial media semakin bertambah banyak setiap tahunnya.
Sesuai data yang dikeluarkan oleh firma riset We Are Social jumlah pengguna internet di Indonesia awal 2023 mencapai 212.9 Juta, angka tersebut mengalami pertumbuhan jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.We Are Social menyebutkan total populasi indonesia 276.4 Juta , dimana 49.7 persen perempuan dan 50.3 persen laki laki pada Januari 2023. Untuk pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 Juta orang di Indonesia, setara dengan 60.4 % populasi di dalam negeri.
Pemanfaatan sosial media menjadi solusi yang paling tepat untuk membangun brand awareness menggunakan strategi digital marketing. Selain pengguna media sosial yang banyak, pemanfaatan sosial media juga mempermudah bisnis kamu untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam pemanfaatan sosial media untuk berbisnis, namun sebelum itu kamu juga harus memahami apa langkah yang tepat yang harus kamu ambil untuk menjalankan strategi digital marketing bisnis kamu.
Beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk membangun strategi digital marketing di sosial media, diantaranya:
1. Pemilihan sosial media yang tepat
Seperti yang kita ketahui sosial media memiliki banyak jenis platform yang bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan bisnis, diantaranya: Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, Tiktok dan lain-lainnya. Kamu bisa memanfaatkan semua platform sosial media yang ada namun kamu harus mengobservasi kebutuhan pasar bisnis kamu, setelah kamu mendapatkan hasil observasi tersebut kamu bisa mulai merancang strategi digital marketing kamu inginkan.
Seperti contoh akun “Holland Bakery” yang memanfaatkan platform Instagram untuk memasang informasi dan promosi bisnis mereka, selain itu mereka juga memanfaatkan fitur fitur yang ada di instagram untuk dijadikan bahan promosi.
2. Pemilihan konten yang sesuai
Ini merupakan sebuah langkah awal yang berpengaruh untuk meningkatkan brand awareness produk atau jasamu, karena dari konten berlangganan bisa melihat apa yang sedang kita promosikan, oleh karena itu pemilihan konten yang sesuai dengan usahamu sangatlah penting.
Konten yang dibuat bisa berupa teks, foto dan video. Kamu bisa mengkreasikan konten kamu semenarik mungkin untuk bisa membuat orang tertarik dengan konten yang kamu sediakan di media sosial bisnis kamu. Perlu kamu ketahui setiap platform sosial media memiliki jenis konten dan logaritma masing-masing, maka dari itu kamu harus bisa menentukan konten yang tepat dengan platform sosial media yang kamu pilih untuk menjadi wadah kamu mempromosikan bisnismu.
3. Pengenalan ciri khas pada konsumen
Yang dimaksud pengenalan ciri khas adalah di setiap postingan yang kamu masukan ke sosial media memiliki ciri tersendiri dari bisnis kamu. Seperti contoh dalam sebuah infografis yang kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis, kamu harus menyertakan dengan logo dan ciri khas warna dari brand kamu sehingga disaat konsumen melihat postingan kamu mereka mampu mengidentifikasi bahwasanya ini merupakan postingan dari bisnismu.
Dari tiga hal diatas dapat disimpulkan bahwasanya pemanfaatan sosial media sebagai strategi digital marketing bisnis dalam membangun brand awareness merupakan sebuah langkah yang tepat, karena kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis dan memperkenalkan brand kamu dengan mudah.
Penulis: Ainayya Syalsabila